Lisitus.com | Homepage
Yuk Kita Membuat Saus Tomat Sendiri

Yuk Kita Membuat Saus Tomat Sendiri

2 Comments 🕔29.Nov 2012

cara buat saus tomat 300x199 Yuk Kita Membuat Saus Tomat SendiriSaus tomat memang disukai oleh anak-anak, biasanya mereka suka banget yang namanya saos tomat, makan apa aja pastinya nggak jauh dari saos tomat. Tetapi kalau kebanyakan pengawet juga nggak baik untuk kesehatan, cara mengatasinya adalah dengan membuat saos tomat sendiri. Ga ada salahnya kita coba membuat saus tomat sendiri yuk foodlover, lebih hemat dan juga sehat.

Yuk Buat Saos Tomat Sendiri

Bahan :

Tomat segar 500 gram cuci bersih

Garam 1 sendok teh

Merica bubuk 1/2 sendok teh

Penyedap rasa 1 sendok teh

Gula pasir 1 sendok makan

Kaldu ayam 50 ml

Cara membuat :

1 . Kerat-kerat tomat agar mudah saat tomat dimasak ke dalam air yang telah masak selama 3 menitan angkat dan tiriskan.

2. Setelah dingin kupas kulit tomat dan keluarkan bijinya sampai bersih. Anda juga dapat memilih untuk menghilangkan air dengan cara memerasnya untuk mendapatkan saus tomat yang lebih kental.

3. Blender tomat sampai halus.

4. Masak tomat hasil blenderan tadi ke dalam wajan tanpa minyak sambil di aduk aduk hingga agak mengental, diaduk sampai mendidih dan airnya hilang. Tambahkan sedikit garam, gula dan perasa sesuai selera. Gula dan garam juga merupakan pengawet alami bagi masakan Anda.

5. Dinginkan dan saos tomat siap untuk disajikan.

No url attribute defined!

Resep ini hanyalah resep dasar saus tomat. Anda dapat mengkreasikan sendiri sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

Variasi :

- jika menginginkan saos cabe dapat ditambahkan cabe. Dapat pula dibuat komposisinya lebih banyak cabe dibanding tomatnya

- sambal kecap pedas dapat dibuat dari bahan kecap dan 100% cabe

- sambal pedas dibuat dari 100% cabe atau 10% tomat dan 90% cabe

- untuk membuat saos spageti, tambahkan oregano saat proses memasak terakhir

Selamat mencoba

Dari berbagai sumber

Share and Enjoy

2 Comments

Recent Comments

Desi Cahyaningtyas

Desi Cahyaningtyas

mau coba pake pond dl nanti kalo cocok lanjut,gak cocok

VIEW ARTICLE
Danil Eko

Danil Eko

cara mendapatkan obatnya gimana yg bekas lubang" itu

VIEW ARTICLE
Danil Eko

Danil Eko

cara mendapatkan obatnya gimana yg bekas lubang" itu

VIEW ARTICLE
Wie Rahayu

Wie Rahayu

kalo menurut aq, itu tergantyungn kulit muka kita' krna setiap

VIEW ARTICLE

Live Traffic Feed

Feedjit Widget